sudahkah aku menjadi seorang ayah?

|
Hari ini sudah hampir setengah tahun aku menjadi seorang ayah. Dari sudut pandang biologis aku telah menjadi seorang ayah, namun dari sudut pandang pola pikir dan perilaku, sudahkah diri ini menjadi sosok ayah? Ada banyak makna tersembunyi dalam deretan empat huruf tersebut. Menjadi ayah berarti menjadi lebih bertanggung jawab dalam hal mencari rezeki yang halal dan berkah, menjadi ayah berarti menjadi sosok yang bisa diteladani, menjadi ayah berarti menjadi pemimpin yang mempunyai visi, misi dan tindakan yang jelas untuk masa depan keluarga. Dan mungkin ada beribu makna lagi.
Kini aku bukan pasangan muda lagi, apalagi bujangan. Tidak boleh memikirkan hanya dirinya sendiri. Setiap tindakan sebisa mungkin memberi kontribusi kepada keluarga. Kadang aku merasa malu ketika mendapatkan diriku masih main game untuk kesenangan sendiri, sementara aku tahu waktu yang terpakai untuk main game bisa digunakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga, atau belajar tentang menjadi suami atau ayah yang baik, atau belajar untuk meningkatkan skill untuk meningkatkan daya saing. Kadang aku menyayangkan diriku sendiri yang masih belum bisa konsisten dalam melakukan yang terbaik di rumah maupun di tempat kerja.
Sadarlah…. kau bukan bujangan lagi, kau kini seorang AYAH!

0 komentar:

Posting Komentar